Ini Dia Mobil Suzuki Terlaris 2019, Ternyata Bukan Ertiga

Sebelum mengakhiri 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan angka penjualan yang cukup positif. Selama November, agen pemegang merek mobil Suzuki di Tanah Air itu berhasil menjual 10.077 unit dari pabrik ke Dealer.

Artinya pencapaian wholesales Suzuki di bulan November meningkat 16 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Dari angka tersebut, model yang paling berkontribusi dalam penjualan Suzuki didominasi produk buatan dalam negeri.

Model terlaris pertama adalah Carry baru, dengan torehan penjualan 5.843 unit atau berkontribusi 57,98 persen dari total penjualan Suzuki di November. Pencapaian mobil Pick Up tersebut meningkat empat persen dari bulan sebelumnya.

Kemudian Ertiga menempati posisi kedua, penjualan wholesales mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut hanya 2.568 unit dalam periode yang sama. Artinya mobil keluarga andalan Suzuki itu berkontribusi 25 persen.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan memberikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaannya terhadap Suzuki,” ujar 4W Sales Director PT SIS, Makmur dalam keterangan resminya, Selasa 17 Desember 2019.

Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Suzuki dari pabrik ke Dealer di November 2018 masih mencapai angka 10.107 unit, lebih tinggi 30 unit dari tahun ini dalam periode yang sama.

“Tentu saja kami akan terus berusaha menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta terus melakukan penyempurnaan produk dan layanan purnajual untuk dapat memenuhi harapan dan keinginan masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Di luar dari produk buatan lokal, Baleno diklaim sebagai salah satu penyumbang terbesar penjualan Suzuki di bulan 11. Angka penjualannya meningkat sembilan persen dari bulan sebelumnya. Namun PT SIS tidak menyebut jumlah unitnya.

Makmur menjelaskan, Baleno merupakan salah satu kendaraan unggulan Suzuki yang telah hadir di Indonesia sejak 1996. Kini mobil yang awalnya berjenis sedan tersebut berubah menjadi hatchback, dan berhasil memikat konsumen di Indonesia.

“Selain itu program penjualan yang menguntungkan pelanggan juga mendorong penngkatan penjualan Baleno pada bulan November,” kata Makmur.

Berkaca pada data Gaikindo, penjualan wholesales Baleno sepanjang 2018 mencapai 5.453 unit. Dan untuk periode Januari sampai Oktober 2019 angkanya 4.412 unit, dan hasil penjualan terakhirnya yang didata Gaikindo di Oktober tahun ini hanya 338 unit.

Artikel ini telah tayang di : https://www.100kpj.com/mobil/4334-bukan-ertiga-yang-jadi-mobil-terlaris-suzuki-jelang-akhir-2019

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *