Mitsubishi Akan Luncurkan Galant Kembali – Mobil Sedan Yang Sudah Terkubur Lama

Beredar kabar Mitsubishi akan meluncurkan produk sedan yang sudah lama terkubur yaitu Mitsubishi Galant. Sebuah keputusan yang berani mengingat trend konsumen saat ini mengarah pada mobil jenis MPV dan SUV. Tidak mudah bagi Mitsubishi untuk menghadirkan produk mobil berjenis sedan yang saat ini trendnya sangat menurun tajam.

Mitsubishi Galant 1998, sumber: Carscoops

Namun tidak mustahil dan sah sah saja, salah satu caranya Mitsubishi akan menghadirkan desain yang memukau, tampilan agresif dan berotot dan apa saja yang bisa menarik minat konsumen. Salah satunya tampilan lampu depan dengan gaya Xpander yang sedang dalam trend positif.

Desain frontal adalah perpaduan antara masa lalu dan masa kini dengan grille terpisah dan intake lebih rendah, Dinamic Shield dengan nuansa krom, dan lampu depan LED laser tipis.

Fender depan dan belakang yang melebar membentuk tampilan yang kokoh, dengan kontur pintu yang dalam dan bodi samping yang tebal. Area kaca memiliki efek atap mengambang, dengan pilar A yang gelap dan profil fastback yang ramping. Bagian belakang mengukuhkan performa yang mumpuni dengan empat knalpot, spoiler panjang, dan diffuser bawah RS6.

 

Perjalanan Panjang Galant

Galant pertama kali masuk secara resmi ke Indonesia sekitar tahun 1977. Saat ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor sebagai agen membawa Galant Sigma dengan dua model yaitu GL & GLX.

Mesinnya untuk GL 1600cc 4 percepatan dan GLX 2000cc 5 percepatan. Setelah itu pada 1982, Mitsubishi mengeluarkan Galant Sigma dengan facelift.

Masuk ke tahun 1984, muncul Galant II dengan desain body baru dan mesin 1800 cc. Sayangnya, model tidak begitu laris di Indonesia sekalipun mendapat penghargaan di Eropa sebagai Golden Steering Wheel.

Karena kurang laku, Mitsubishi Galant II mengalami facelift sekaligus berganti nama, menjadi Eterna. Menggunakan body Galant II, Eterna hadir dengan beberapa pembaruan.

Seperti mesin 2000 cc 5 percepatan plus Power steering, Electric Mirror, Power window, Central lock, dan Reclining back seat. Sayangnya penggantian nama itu belum mengangkat penjualan,

Walhasil mobil ini hanya dipasarkan selama satu tahun lebih. Tahun 1988 Eterna Super Exceed setop produksi dengan facelift terakhir berupa velg aluminium krom dengan desain piringan lubang-lubang kecil.

Tak mau menyerah, Mitsubishi kembali menawarkan Eterna dengan mesin 2000 cc DOHC 16 valve GTI dan versi SOHC. Kali ini, Mitsubishi sukses menggebrak pasar dengan penjualan yang cukup bagus. Eterna disebut sanggup bersaing dengan Toyota Corona dan Honda Accord.

Selama sekitar 5 tahun masa produksi dan pemasaran, Mitsubishi Eterna terbaru itu mendapatkan sejumlah facelift. Termasuk saat versi transmisi otomatis pada 1991 untuk versi DOHC.

Sukses penjualan Eterna, pada tahun 1993, Mitsubishi kembali mencoba keberuntungan dengan menhadirkan nama Galant. Hadir dengan 2 model yakni Galant VR dan Galant V6.

Perbedaan kedua tipe itu tentu terletak pada mesin. Galant V6 dengan mesin V6 dan Galant VR dengan mesin segarus 4 silinder. Untuk interior, perbedaan paling mencolok ada pada climate control, digital pada V6 & manual pada VR.

Setelah hampir 7 tahun menjual dua tipe terseut, Mitsubishi meluncurkan New Galant pada tahun 1998. Untuk model ini, hanya hadir dengan satu pilihan saja, yakni mesin V6 2500 cc ECI Multi 24 Valve.

Downgrade sudah naik SOHC dari sebelumnya DOHC. Sayangnya dengan kompensasi volume cylinder yang besar. New Galant kalah bersaing dengan sejumlah kompetitor sampai akhirnya pada 2005 Galant setop produksi di Indonesia.

Tapi tak sampai di situ, pada tahun 2008 Mitsubishi Galant hadir dengan nama baru. Yakni, Lancer EX yang hanya hadir dengan satu tipe 2.0 GT. Mobil ini dibekali mesin 4 silinder segaris dengan kode 4B11, MIVEC DOHC.

Mobil ini bernama asli Galant Fortis, dirancang sebagai penerus generasi Galant sekaligus platform baru bagi Evolution series yang disematkan pada Lancer. Kuat dugaan karena nama Galant yang kurang srek dengan oasar Indonesia, maka Mitsubishi memutuskan menjual Galant Fortis di Tanah Air dengan nama Lancer EX.

Mitsubishi Lancer EX atau Galant Fortis menjadi model terakhir yang dipasarkan di Indonesia. Jadi menarik ditunggu bagaimana keberuntungan nama Galant jika nanti generasi barunya hadir di Indonesia.

 

Pada Galant sebelumnya menggunakan mesin empat silinder dan V6 serta mesin 2.0 liter turbocharged empat silinder DOHC yang dipakai seri Lancer Evolution. Namun pada versi baru kemungkinan menggunakan mesin konsep MI-TECH yang hadir di Tokyo Motor Show pada Oktober 2019 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *